Kemaren tanggal 19 Sep ’06, di Cilantro Lounge Wisma BNI 46 lantai 47, Jakarta, Borland dan ECS ngadain Borland Technology Day dengan pembicara Tim Jarvis, Product Evangelist Team Leader dari Borland Developer Tools Group untuk regional Asia Pasifik. Event menarik, jarang2 gitu loh…

Kalo gak salah sekitar tanggal 2 Sep ’06, ada email di milis delphindo tentang akan diselenggarakan Borland Technology Day di Indonesia. Tanpa ba-bi-bu, saya langsung daftar ikutan.

Kaget plus exited juga dengernya, karena event2 serupa jarang alias gak pernah kecuali training WebSnap D7 dan sertifikasi oleh Borland Singapur beberapa tahun lalu. Itu pun atas prakarsa delphindo (thanks to Roesmin Noer dkk).

Agendanya rada2 beda ama yang di annouce sebelumnya.

  • Compact Framework dibahas, tapi gak pake CF Builder (CF Build Helper-nya Jeremy North maksudnya kalik ya)
  • IntraWeb 8.0 dibahas
  • AJAX pake Delphi gak dibahas
  • Web Services Authentication gak dibahas

Agendanya adalah tentang roadmap jajaran produk2 Borland Developer Tools Group (a.k.a. DevCo). Dari BDS, Turbo, InterBase sampai ke JBuilder. Yang heboh mungkin lahirnya beberapa jajaran produk Turbo, seperti Turbo Delphi, Turbo C++ dkk. Dan JBuilder besok2 bakal gak berdiri sendiri lagi, tapi bakal nyatu ama Eclipse!!

Selain itu juga dibahas tentang beberapa fitur dari masing2 produk, seperti journaling dan incremental backup dari InterBase. Compiling aplikasi .NET Compact Framework pake Delphi. ECO di BDS, dan beberapa fitur unggulan IDE BDS seperti code history, data explorer dll.

Secara umum event ini sangat bagus, cuman sayangnya, agenda ama waktu agak2 kurang klop. Jadi semua2 serba dalam mode ‘turbo’ alias high speed.

Seharusnya Borland sudah melihat dari dulu2, bahwa potensi pasar Indonesia cukup bagus. Jangan takut ama pirates. đŸ˜‰

Borland Tech DayBorland TechDay - Dengan Ivan