Tukul Arwana Tadi malam pas browsing acara tv, sempat mampir ke acara Empat Mata-nya Tukul Arwana. Berhubung salah satu bintang tamunya adalah Cak Lontong, hukumnya berubah jadi wajib tonton, karena belum pernah liat pasangan Tukul dan Cak Lontong dalam satu acara. Walaupun nontonnya baru beberapa menit menjelang acara berakhir, tapi sempat bikin cekakak-cekikik sendirian di depan tv.

Acara ini juga didukung beberapa bintang tamu lainnya, salah satunya om Roy Suryo. Seperti kita tau, Roy Suryo adalah seorang pakar multimedia dan IT, tema acara tersebut juga membahas tentang penggunaan teknologi multimedia dan dampaknya.

Juga dibahas tentang manipulasi image/foto/gambar digital yang sifatnya merugikan bagi orang yang terlihat di foto tersebut. Seperti contoh wajah artis terkenal, tapi tubuh si artis tersebut diganti dengan tubuh bugil dari foto lain, atau sebaliknya.

Ada yang mengganjal di hati pada saat menjelang acara berakhir, Roy Suryo bilang bahwa manipulasi tersebut pasti akan ketahuan, karena di foto-foto digital sekarang sudah ada yang namanya metadata alias Exif (Exchangeable image file format). Jadi inget waktu kasusnya foto mesum Bejah dan almarhum artis Sukma Ayu, Roy Suryo juga mengatakan hal yang sama. Saya bukan ahli multimedia, saya juga gak berani bilang sebagai orang IT. Tapi saya tau persis bahwa:

  • Metadata/Exif pada foto digital sangat-sangat mudah untuk dimanipulasi juga. Bahkan beberapa software image viewer bisa ngedit Exif.
  • Ada beberapa camera hp (padahal masih tergolong baru), gak menyimpan metadata pada foto hasil jepretannya.

Jadi, bisa aja saya ambil foto bugil dari internet yang gak jelas asal-usulnya, trus saya caplokin wajah artis, trus resolusinya dicocokin ama resolusi kamera digital atau camera hp tertentu, trus edit metadatanya menjadi persis seperti metadata yang biasa dihasilkan oleh kamera digital atau camera hp target kita, termasuk atribut date/time-nya. Termasuk untuk beberapa device yang support menyimpan koordinat lokasi jepretan karena dibantu dengan GPS, koordinatnya juga bisa diedit. Edit aja jadi koordinat salah satu hotel. Beres deh.

Atau kalo gak mau repot, kosongin aja metadatanya, trus bilang aja ini hasil jepretan hp Samsung SGH-D500 misalnya.

So what gitu loh?! Metadata is not a big deal! Metadata gak bisa dijadikan pegangan otentikasi suatu foto digital. Atau, dengan kata lain, gak bisa mengetahui apakah foto digital tersebut hasil manipulasi atau bukan hanya dari metadata.

Iklan