Uneg-uneg


Terhitung mulai tanggal 7 Juli 2008 (hari ini), bertepatan dengan ultah istri tercinta, saya resmi memiliki domain roy-irwan.net. Biar lebih cepet, sekalian hosting blog saya di mroy.wordpress.com dipindahin ke server Indonesia.

Sekarang lagi ngutak-ngatik impor semua postingan di wordpress.com ke roy-irwan.net berikut semua attachment-nya. Postingannya sih sudah sukses, tapi attachment-nya sebagian besar gagal. Padahal sudah di coba ke server lokal berhasil. Trus link-link yang ada di postingannya ga ikut ke-update ngarah ke domain baru. Kenapa, ya? Ada yang bisa bantu?

Oh ya, semua posting di mroy.wordpress.com untuk sementara tetap dipertahankan, ga tau sampe kapan, mumpung masih bingung harus diapain.

Dengan segala kerendahan hati, dengan ini saya mengumumkan bahwa, setelah melalui research yang mendalam, akhirnya saya menemukan video lagu Indonesia Raya yang asli dari server londo.

Video lagu Indonesia Raya tersebut bisa Anda saksikan di link berikut ini:

(lebih…)

KH-11 Sudah seminggu lebih, misteri hilangnya pesawat ADAM Air dengan nomor penerbangan KI-574 belum juga terpecahkan. Berbagai upaya telah dilakukan, baik oleh pemerintah, masyarakat serta pihak-pihak dari luar negeri. Dari berbagai macam upaya tersebut, ada satu usulan upaya untuk meminta bantuan satelit Keyhole milik Amerika Serikat seperti yang dikutip Republika Online, Antara News, Media Indonesia Online dan sederet media offline lainnya.

Liat di MetroTV tadi malam Roy Suryo juga bilang bahwa satelit Keyhole (KH-11) masa kerjanya sudah selesai tahun 1995, namun sebenarnya satelit ini masih mengorbit dan pada saat ini (red: apa pas kejadian? -CMIIW), setelit ini berada di atas Indonesia sambil menunjukkan contoh image hasil jepreten si Keyhole.

Menurut kutipan-kutipan di atas, bahwa satelit Keyhole tersebut merupakan satelit intelijen Amerika Serikat dengan kemampuan IFF (Identification Friend or Foe) sehingga bisa mendeteksi/memonitor semua jenis transportasi termasuk pesawat terbang di seluruh dunia. Wow! What a technology! Orang awam seperti saya mungkin cuman bisa berdecak kagum mendengar teknologi ini. It’s totally beyond of my knowledge. Tapi teteup… penasaran, apa sih IFF itu? Keyhole? Kok bisa tau posisi satelit intelijen Amerika? Orbitnya seperti apa sih? (more…)

Gempa di Taiwan dengan kekuatan 7.1 SR terjadi Selasa malam pukul 20.26 WIB. 10 menit kemudian terjadi gempa susulan dengan kekuatan 6.4 SR. Mudah-mudahan korban jiwa bisa minimal.

Dampak lain, kabel fiber optik internet yang jadi penghubung jaringan Indonesia dengan luar negeri putus. Alhasil, terpaksa saya buta-tuli dulu, yang konon menurut berita tv tadi malam, perbaikannya memerlukan waktu sampai 3 minggu. 😦

Katanya alternatif via satelit juga masih belum bisa digunakan. Gak tau kenapa. 😦

Tapi aneh, kok saya masih bisa akses blog ini, ya? Servernya dimana, ya? Yang jelas http://www.wordpress.com lagi gak bisa diakses.

Update 28 Dec ’06 14:35 WIB:

Menurut SingTel, perbaikan jaringan Indonesia-Singapore-Hongkong-via Jepang, Korea dan Taiwan (STIX) estimasi waktu perbaikannya 12 jam.

Update 3 Jan ’06 17:04 WIB:

  • Pantesan, mroy.wordpress.com ternyata hostnya di Bangkok, Thailand.
  • Dari kemaren, kayaknya udah agak-agak lancar nih internet. Katanya sih belum full speed, tapi lumayan lah…
Tukul Arwana Tadi malam pas browsing acara tv, sempat mampir ke acara Empat Mata-nya Tukul Arwana. Berhubung salah satu bintang tamunya adalah Cak Lontong, hukumnya berubah jadi wajib tonton, karena belum pernah liat pasangan Tukul dan Cak Lontong dalam satu acara. Walaupun nontonnya baru beberapa menit menjelang acara berakhir, tapi sempat bikin cekakak-cekikik sendirian di depan tv.

Acara ini juga didukung beberapa bintang tamu lainnya, salah satunya om Roy Suryo. Seperti kita tau, Roy Suryo adalah seorang pakar multimedia dan IT, tema acara tersebut juga membahas tentang penggunaan teknologi multimedia dan dampaknya.

Juga dibahas tentang manipulasi image/foto/gambar digital yang sifatnya merugikan bagi orang yang terlihat di foto tersebut. Seperti contoh wajah artis terkenal, tapi tubuh si artis tersebut diganti dengan tubuh bugil dari foto lain, atau sebaliknya.

Ada yang mengganjal di hati pada saat menjelang acara berakhir, Roy Suryo bilang bahwa manipulasi tersebut pasti akan ketahuan, karena di foto-foto digital sekarang sudah ada yang namanya metadata alias Exif (Exchangeable image file format). Jadi inget waktu kasusnya foto mesum Bejah dan almarhum artis Sukma Ayu, Roy Suryo juga mengatakan hal yang sama. (lebih…)

Intensitas Gempa Maluku Utara Barusan dapat kabar dari temen, telah terjadi gempa di Maluku Utara. Bahkan menurut BMG, gempa kali ini berpotensi tsunami. Kaget juga, soalnya 2 tim “Penamaan Pulau-pulau Terluar” yang anggotanya masing-masing 2 orang temen-temen kantor sedang berada di sana. Tugasnya ya muter-muter ke pulau-pulau di sekitar Maluku Utara. Sampai sekarang, belum ada satu tim pun yang bisa didapat kabarnya, kebetulan telepon satelit yang dibawa juga lagi rusak.Mudah-mudahan gak ada apa-apa, deh.

(lebih…)

Mungkin judulnya agak-agak berlebihan bagi sebagian orang. Pengawalan ketat mungkin wajar saja digelar untuk menyambut tamu negara. Apalagi tamu selevel Mr. Bush (so what?!). Tapi, kalo dilihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat Bogor (walaupun konon 70% warga produktif Bogor mencari nafkah di Jakarta yang notabene sudah sering menggelar aksi pengamanan tamu-tamu negara), pengamanan yang dilakukan kali ini – paling tidak menurut pendapat pribadi saya – sungguh-sungguh terkesan luar biasa. (lebih…)

Laman Berikutnya »